11 September 2020 16:33:12

SELAYANG PANDANG STRUKTUR ORGANISASI : SUBSEKSI IZIN TINGGAL KEIMIGRASIAN

...

Halo Sahabat Imigrasi Patiā€¦pada kesempatan ini, kami akan melanjutkan perkenalan salah satu Subseksi yang ada di Seksi Dokumen dan Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pati. Setelah sebelumnya kita sudah membahas dan mengetahui tentang Subseksi Dokumen Perjalanan Keimigrasian yang memiliki tugas pokok dan fungsi pelayanan penerbitan paspor, kita akan membahas Subseksi selanjutnya yakni Subseksi Izin Tinggal Keimigrasian.

Sesuai dengan namanya, Subseksi Izin Tinggal Keimigrasian berkaitan dengan Izin Tinggal Warga Orang Asing. Untuk diketahui, Warga Negara Asing (WNA) yang berada di Indonesia itu tinggal, menetap dan beraktivitas di sini tidak hanya dalam rangka bekerja namun juga ada yang karena melangsungkan pernikahan dengan Warga Negara Indonesia, ada yang karena tujuan sosial, wisatawan lanjut usia, belajar dan ada juga yang berkaitan dengan pemberian fasilitas Anak Berkewarganegaraan Ganda Terbatas, seluruhnya nanti akan berkaitan dengan Subseksi Izin Tinggal Keimigrasian. Mudahnya, kalau hendak menanyakan tentang Penerbitan Paspor WNI bisa menanyakan kepada Subseksi Dokumen Perjalanan Keimigrasian, kalau hendak menanyakan mengenai Izin Tinggal dan semua yang berkaitan dengan WNA bisa ditanyakan kepada Subseksi Izin Tinggal Keimigrasian.

Subseksi Izin Tinggal Keimigrasian seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, dipimpin oleh seorang Kepala Subseksi. Saat ini, Bapak Endar Prasetyo memegang amanah sebagai Kepala Subseksi Izin Tinggal Keimigrasian dengan dibantu oleh 1 (satu) orang Pejabat Imigrasi yakni Ibu Friska Widiya Sukmana dan 1 (satu) orang Pejabat Fungsional Umum yakni Bapak Kukuh Prasetyo. Team Subseksi Izin Tinggal Keimigrasian memang sedikit namun pekerjaan yang mereka lakukan luar biasa karena harus mengakomodir izin tinggal Warga Negara Asing yang beraktivitas di wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pati yang membawahi 4 (empat) Kabupaten,yakni Kabupaten Pati, Jepara, Rembang dan Blora. Bisa dibayangkan, sampai dengan pertengahan tahun 2020 ini, tercatat sudah terdapat 650 (enam ratus limas puluh) orang Warga Negara Asing yang melakukan permohonan layanan Izin Tinggal di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pati dan hebatnya team kecil ini yang memfasilitasi itu semua.

Subseksi Izin Tinggal Keimigrasian juga memiliki ruang atau gedung pelayanan tersendiri yang terletak di sisi Timur bangunan utama Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pati. Terdapat berbagai papan informasi baik alur maupun biaya serta informasi-informasi lain yang dibutuhkan oleh Warga Negara Asing yang membutuhkan layanan Izin Tinggal di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pati. Terkait dengan komunikasi, tentunya team ini dibekali dengan penguasaan bahasa internasional yang baik terutama Bahasa Inggris sehingga memudahkan proses pelayanan. Dengan adanya Subseksi Izizn Tinggal, menghapus stigma di kalangan masyrakat luas kalau Kantor Imigrasi hanya berkaitan dengan pelayanan penerbitan paspor WNI. Semua hal yang berkait dengan Warga Negara Asing dapat ditanyakan di Subseksi Izin Tinggal Keimigrasian. Di Subseksi ini, Sahabat Imigrasi Pati akan sering mendengar instilah-istilah yang sering muncul berkaitan dengan Warga Negara Asing missal Izin Tinggal Kunjungan (ITK), Izin Tinggal Terbatas (ITAS), Izin Tinggal Tetap (ITAP), Alih Status Izin Tinggal, Alih Jabatan, Surat Keterangan Keimigrasian atau pun Affidavit.

Seringkali juga ditanyakan kepada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pati berkaitan dengan visa. Perlu diketahui dahulu definisi tentang visa. Menurut Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 27 tahun 2014 tentang Porsedr\ur Teknis Pemberian, Perpanjangan, Penolakan, Pembatalan dan berakhirnya ZIin Tinggal Kunjungan, Izin Tinggal Terbatas dan Izin Tinggal tetap serta pengecualian dari kewajiban memiliki Izin Tinggal, pasal (1) angka (16) dinyatakan bahwa Visa Republik Indonesia yang selanjutnya disebut dengan visa adalah keterangan tertulis yang diberikan oleh pejabat yang berwenang di Perwakilan Republik Indonesia atau di tempat lain yang ditentukan oleh Pemerintah Republik Indonesia yang memuat persetujuan bagi Orang Asing untuk melakukan perjalanan ke Wilayah Indonesia dan menjadi dasar untuk pemberian Izin Tinggal. Jika yang ditanyakan adalah visa untuk Warga Negara Asing terkait dengan Izin Tinggal, maka akan sangat tepat untuk menanyakan kepada Subseksi Izin Tinggal Keimigrasian. Namun jika berkaitan dengan Visa yang akan diajukan oleh Warga Negara Indonesia untuk bisa masuk ke Negara lain, maka hal tersebut bukan lagi merupakan kewenangan Subseksi Izin Tinggal Keimigrasian. (Junaidul Fitriyono)

Berita Lainnya: