8 September 2020 13:37:25

SELAYANG PANDANG KEPALA KANTOR : HASANIN

...

Halo Sahabat Imigrasi Patiā€¦ Hari ini kita akan mengulas salah satu tokoh yang diberikan amanah di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pati. Tokoh kita yang satu ini merupakan sosok yang sangat berpengaruh dalam berbagai kebijakan strategis di Kantor. Siapa sosok tersebut? Beliau adalah Hasanin, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pati. Nama beliau singkat, Hasanin, namun jangan ditanya kalau berkaitan dengan pengalaman,berbagai jabatan strategis sudah beliau pegang sampai akhirnya dipercaya memimpin Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pati.

Bapak Hasanin kecil lahir dan besar di Sumatera Selatan, tepatnya di sebuah Desa kecil yang indah bernama Tangsi Lontar Kecamatan Pengandonan Kabupaten OganKomering Ulu pada tanggal 28 Desember 1972. Beliau menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah di Kecamatan Pengandonan kemudian melanjutkan pendidikan Menengah Atas di Jakarta. Gelar kesarjanaan di bidang Hukum beliau peroleh dari Universitas Panca Bakti tahun 2001 dan menyelesaikan Magister Hukum di Universitas Tanjung Pura Pontianak pada tahun 2016.

Beliau memulai karir sebagai Pejabat Teknis di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno Hatta dan saat itulah pengalaman teknis beliau dalam bidang Keimigrasian mulai berkembang. Tahun 2007, beliau dipercaya menjadi Kepala Subseksi Pengawasan Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas II Madiun. Tidak butuh waktu lama untuk beliau naik ke Eselon IV,karena pada tahun 2010,beliau memperoleh mutasi dan promosi sebagai Kepala Seksi Lalu Lintas dan Status Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau. Dari Bumi Lencang Kuning, Riau, beliau kembali memperoleh mutasi dan promosi untuk menduduki jabatan strategis di Kantor Imigrasi Kelas I Pontianak, Kalimantan Barat sebagai Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian pada tahun 2013. Menjadi ujung tombak dalam bidang Informasi dan Komunikasi Satuan Kerja Keimigrasian di Pontianak selama 2 (dua) tahun, Beliau kembali ditugaskan di tempat yang baru yakni di Kepulauan Maluku sebagai Kepala Sub Bidang Izin Tinggal dan Status Keimigrasian pada Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku pada tahun 2015. Kemudian pada tahun 2017, Beliau kembali ditugaskan di Ibukota Jakarta sebagai Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat sejak tahun 2017. Akhirnya, pada tanggal 29 Desember 2019, Beliau kembali memperoleh promosi dan Mutasi sebagai Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pati.

Pengalaman bekerja beliau selama 17 (tujuh belas) tahun di bidang Keimigrasian menempa beliau menjadi sosok yang penuh terobosan dan inovasi. Penyuka makanan Soto ini, memiliki prinsip bekerja tidak hanya mencerminkan kualitas ibadah namun juga bekerja merupakan bentuk loyalitas dan pengabdian, sehingga bekerja secara tepat, tuntas dan bersemangat menjadi jargon kehidupan beliau yang coba dibagi dengan seluruh keluarga besar Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pati.

Bertepatan di tahun 2020 ini, beliau menjadi sosok yang sangat penting dalam 2 (dua) agenda besar yang sedang dijalani oleh Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pati,yakni pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Kenaikan Kelas Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pati. Agenda-agenda ini merupakan visi beliau dalam memberikan sumbangsih terbaik kepada organisasi sehingga muncul berbagai terobosan dan inovasi pelayanan terbaru bagi masyarakat pengguna layanan Keimigrasian.

Akhirnya, kita berharap dan berdoa, semoga beliau selalu diberikan kesehatan dan keselamatan serta kelancaran dalam memimpin Keluarga Besar Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pati mewujudkan serta mensukseskan semua agenda besar yang sudah ada di depan mata. Jaya terus Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pati. (Junaidul Fitriyono)

Berita Lainnya: